WHY
COMMUNICATION ?
Kenapa sih milih jurusan komunikasi ?
Komunikasi itu jurusan yang paling strategis, hah strategis
? kenapa ?
menurut saya ada dua faktor yaitu :
pertama adalah komunikasi itu prospek kerjanya yang banyak
dan komunikasi pasti akan selalu dibutuhkan di semua perusahaan.
Kenapa komunikasi dibutuhkan di semua perusahaan ? karena komunikasi itu
sifatnya universal dan ilmunya luas, misal di setiap perusahaan pasti butuh
yang namanya humas kan ? nah komunikasi berperan di situ, atau jadi juru bicara
di perusahaan tersebut, bekerja dalam bidang marketing, dll terutama perusahaan
yang berbasis media ( cetak / non cetak ) seperti stasiun tv begitu pasti lebih
banyak prospek kerjanya yaitu jadi reporter, jurnalis, peiklanan, event
organizer, dll.
Kalo masih mau tau lebih banyak apa aja prospek kerja
komunikasi, berikut adalah prospek kerja komunikasi :
- Penulis
Salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan manusia adalah
melalui sarana tulisan. Kekuatan tulisan yang bersifat abadi mampu
mendokumentasikan bermacam informasi, dari ilmu pengetahuan, sastra hingga
teknologi. Maka dari itu, penulis bisa menjadi salah satu prospek kerja ilmu
komunikasi. Prospek kerja ilmu komunikasi lainnya yang masih berada dalam dunia
penulisan adalah Scriptwriter. Tugasnya adalah menulis script sebuah
karya audiovisual seperti film dan sinetron.
- Periklanan
Bidang periklanan juga bisa menjadi prospek kerja ilmu
komunikasi. Dalam pekerjaan ini, kemampuan yang dituntut dari sarjana ilmu
komunikasi adalah penggunaan bahasa verbal dan nonverbal yang mampu mempersuasi
masyarakat untuk membeli produk yang diiklankan. Seorang Copywriter dalam
bidang periklanan biasa menulis brosur, kemasan produk, hingga jingle iklan.
- Hubungan Masyarakat
Menjadi seorang spesialis hubungan masyarakat atau biasa
disebut public relation (PR). Dalam menghubungkan sebuah
instansi dengan masyarakat, public relation berfungsi
mendesain brand image dari suatu instansi, yaitu bagaimana
kesan yang dicitrakan instansi tersebut di mata masyarakat. Selain itu,
hubungan masyarakat dari kantor pemerintah juga bisa menjadi prospek kerja ilmu
komunikasi. Ada bermacam media yang bisa digunakan untuk branding, seperti
media sosial, pernyataan publik melalui pers, hingga penyelenggaraan atau sponsorship suatu event.
- Event Organizer

Event Organizer atau
EO bekerja pada suatu perusahaan besar yang biasa mengadakan beragam
jenis event, seperti pesta ulang tahun, social gathering,
lomba, sampai pesta pernikahan. Kemampuan lulusan ilmu komunikasi dalam
berhubungan dengan banyak orang sangat dibutuhkan dalam prospek kerja ilmu
komunikasi yang satu ini. EO harus mengurus semua hal dengan detil, mulai dari
klien, vendor, hingga para tamu atau undangan yang hadir.
- Pembaca Berita

Pembaca berita baik di televisi maupun radio bertanggung
jawab untuk menyampaikan kabar sehari-hari kepada publik melalui media
tersebut. Prospek kerja ilmu komunikasi ini juga harus mampu mempersiapkan
berita dari membaca, menginterpretasi, menulis, hingga mengkomunikasikannya.
- Layanan Konsumen

Prospek kerja ilmu komunikasi berikutnya adalah menjadi
perwakilan layanan konsumen dari suatu produk yang dijual perusahaan. Selain
itu seorang perwakilan layanan konsumen harus senantiasa memiliki sikap positif
terhadap segala masalah, mampu memahami dan dengan cepat menganalisis masalah
yang dihadapi pelanggan untuk kemudian dicari solusinya.
Kedua yaitu komunikasi akan selalu ada dan akan selalu
berkembang di masa yang akan datang. Contohnya seperti media, media itu dari
dulu sampai sekarang itu masih berkembang, contohnya dulu orang masih
menggunakan media cetak untuk mencari informasi dan sekarang kita
telah menggunakan berbagai macam media yaitu seperti televisi, internet, radio, dll. Perkembangan media itu salah satu faktor utamanya adalah dari manusia dan manusia pasti akan terus berkomunikasi, jadi Selama masih ada manusia berarti media masih bisa berkembang, dan selama
masih ada manusia maka komunikasi akan terus berkembang dan berlanjut.
sumber :
https://glints.com/id/lowongan/prospek-kerja-ilmu-komunikasi/
sumber :
https://glints.com/id/lowongan/prospek-kerja-ilmu-komunikasi/











0 komentar:
Posting Komentar