Jumat, 21 September 2018

KENAPA MILIH KOMUNIKASI


WHY COMMUNICATION ?



Kenapa sih milih jurusan komunikasi ?  



Komunikasi itu jurusan yang paling strategis, hah strategis ? kenapa ?

menurut saya ada dua faktor yaitu :

pertama adalah komunikasi itu prospek kerjanya yang banyak dan komunikasi pasti  akan selalu dibutuhkan di semua perusahaan. Kenapa komunikasi dibutuhkan di semua perusahaan ? karena komunikasi itu sifatnya universal dan ilmunya luas, misal di setiap perusahaan pasti butuh yang namanya humas kan ? nah komunikasi berperan di situ, atau jadi juru bicara di perusahaan tersebut, bekerja dalam bidang marketing, dll terutama perusahaan yang berbasis media ( cetak / non cetak ) seperti stasiun tv begitu pasti lebih banyak prospek kerjanya yaitu jadi reporter, jurnalis, peiklanan, event organizer, dll. 

Kalo masih mau tau lebih banyak apa aja prospek kerja komunikasi, berikut adalah prospek kerja komunikasi :
  • Penulis



Salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan manusia adalah melalui sarana tulisan. Kekuatan tulisan yang bersifat abadi mampu mendokumentasikan bermacam informasi, dari ilmu pengetahuan, sastra hingga teknologi. Maka dari itu, penulis bisa menjadi salah satu prospek kerja ilmu komunikasi. Prospek kerja ilmu komunikasi lainnya yang masih berada dalam dunia penulisan adalah Scriptwriter. Tugasnya adalah menulis script sebuah karya audiovisual seperti film dan sinetron.

  • Periklanan




Bidang periklanan juga bisa menjadi prospek kerja ilmu komunikasi. Dalam pekerjaan ini, kemampuan yang dituntut dari sarjana ilmu komunikasi adalah penggunaan bahasa verbal dan nonverbal yang mampu mempersuasi masyarakat untuk membeli produk yang diiklankan. Seorang Copywriter dalam bidang periklanan biasa menulis brosur, kemasan produk, hingga jingle iklan.

  • Hubungan Masyarakat




Menjadi seorang spesialis hubungan masyarakat atau biasa disebut public relation (PR). Dalam menghubungkan sebuah instansi dengan masyarakat, public relation berfungsi mendesain brand image dari suatu instansi, yaitu bagaimana kesan yang dicitrakan instansi tersebut di mata masyarakat. Selain itu, hubungan masyarakat dari kantor pemerintah juga bisa menjadi prospek kerja ilmu komunikasi. Ada bermacam media yang bisa digunakan untuk branding, seperti media sosial, pernyataan publik melalui pers, hingga penyelenggaraan atau sponsorship suatu event.

  • Event Organizer

Image result for event organizer



Event Organizer atau EO bekerja pada suatu perusahaan besar yang biasa mengadakan beragam jenis event, seperti pesta ulang tahun, social gathering, lomba, sampai pesta pernikahan. Kemampuan lulusan ilmu komunikasi dalam berhubungan dengan banyak orang sangat dibutuhkan dalam prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini. EO harus mengurus semua hal dengan detil, mulai dari klien, vendor, hingga para tamu atau undangan yang hadir.

  • Pembaca Berita
Related image


Pembaca berita baik di televisi maupun radio bertanggung jawab untuk menyampaikan kabar sehari-hari kepada publik melalui media tersebut. Prospek kerja ilmu komunikasi ini juga harus mampu mempersiapkan berita dari membaca, menginterpretasi, menulis, hingga mengkomunikasikannya.

  • Layanan Konsumen
Image result for customer services


Prospek kerja ilmu komunikasi berikutnya adalah menjadi perwakilan layanan konsumen dari suatu produk yang dijual perusahaan. Selain itu seorang perwakilan layanan konsumen harus senantiasa memiliki sikap positif terhadap segala masalah, mampu memahami dan dengan cepat menganalisis masalah yang dihadapi pelanggan untuk kemudian dicari solusinya.

Kedua yaitu komunikasi akan selalu ada dan akan selalu berkembang di masa yang akan datang. Contohnya seperti media, media itu dari dulu sampai sekarang itu masih berkembang, contohnya dulu orang masih menggunakan media cetak untuk  mencari informasi dan sekarang kita telah menggunakan berbagai macam media yaitu seperti televisi, internet, radio, dll. Perkembangan media itu salah satu faktor utamanya adalah dari manusia dan manusia pasti akan terus berkomunikasi, jadi Selama masih ada manusia berarti media masih bisa berkembang, dan selama masih ada manusia maka komunikasi akan terus berkembang dan berlanjut.

sumber :
https://glints.com/id/lowongan/prospek-kerja-ilmu-komunikasi/

0 komentar:

Posting Komentar